Selasa, 27 Maret 2018

Ini Harus Dilakukan Guru Agar Belajar Lancar dan Menyenangkan




Ini Harus Dilakukan Guru Agar Belajar Lancar dan Menyenangkan

WAHANA INFORMASI PENDIDIKAN DAN GURU | Peranan para guru dibutuhkan untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar yang berkualitas di sekolah. Guru harus memiliki motivasi untuk guru mengembangkan kreativitas, inovasi, dan meningkatkan profesionalismenya supaya kegiatan belajar mengajar berkualitas. Guru juga harus memiliki kemampuan yang baik dalam memanfaatkan pengetahuan dan teknologi dalam proses belajar mengajar untuk menghasilkan siswa berkualitas.

Guru mempunyai andil besar di dalam membangun sebuah generasi. Guru juga manusia biasa yang tidak terlepas dari kesalahan dan kekurangan. Namun, bukan berarti tidak belajar. Guru perlu membenahi beberapa hal agar tercipta lingkungan belajar yang kondusif. Berikut hal-hal tersebut yang harus dilakukan guru yang wahanainfopendidikan.blogspot.com kutip dari Ruang Guru (27/03/18) agar proses belajar jadi lancar, serta menyenangkan.

1. Menyiapkan perangkat pembelajaran

Sebelum mengajar, hendaknya guru sudah mempersiapkan segala hal yang diperlukan. Selain materi, bahan ajar, media atau alat pembelajaran pun sebaiknya disiapkan. Tidak perlu budget mahal, alat pembelajaran bisa guru hasilkan dari bahan-bahan bekas di lingkungan sekitar. Semakin kreatif guru, kemungkinan siswa akan antusias terhadap pelajaran pun semakin tinggi.

2. Metode belajar yang variatif

Coba variasikan metode pengajaran yang diterapkan di kelas. Salah satu hal yang bisa dilakukan guru, yakni, pertama, membuat metode belajar baru dan seru. Sehingga, mampu memancing siswa untuk lebih aktif. Guru akan menjadi model atau idola yang dikagumi siswa. Karena guru mengajar dengan menggunakan metode belajar yang menarik sehingga siswa tidak merasa bosan.

3. Membawa siswa ke dunia nyata

Sebaiknya, dalam penyampaian materi guru tidak hanya sebatas menjabarkan teori. Coba bawa siswa untuk melakukan observasi langsung ke lingkungan sekitar. Dengan demikian, pemahaman siswa terhadap sesuatu pun lebih luas karena sudah terjun atau merasakan sendiri. Tidak ada salahnya guru mencoba mempraktikkan metode pengajaran saintifik.

4. Memerhatikan kemampuan awal siswa

Kelompokkan siswa berdasarkan kemampuannya. Sesuaikan posisi tempat duduk agar siswa nyaman satu dengan yang lainnya. Pembagian kelompok ini ditujukan untuk pengembangan potensi siswa. Pasangkan siswa yang aktif dengan yang agak pasif, siswa yang gemar bicara dengan yang agak pendiam, dan sebagainya.

5. Dekat dengan siswa

Guru juga perlu mengetahui lingkungan siswa di luar sekolah. Misalnya, mengadakan kunjungan ke rumah siswa tau berbicara dengan orang tuanya. Selain itu, sesekali ajak siswa bicara, tidak harus melulu seputar sekolah. Jadilah pendengar yang baik agar siswa menaruh kepercayaan serta terbuka sehingga bisa lebih memahami karakteristik siswa dan tahu cara menghadapinya.

6. Selalu mengembangkan diri

Jangan cepat merasa puas. Teruslah kembangkan diri dengan banyak membaca buku, jurnal, referensi, tulis karya ilmiah, ikut seminar dan sebagainya. Cara ini sebaiknya dilakukan agar memperluas wawasan Anda sebagai guru. Juga, banyak melakukan pengamatan terhadap kejadian di sekitar dan mencari solusi untuk melatih kepekaan. 



Artikel Terkait

Ini Harus Dilakukan Guru Agar Belajar Lancar dan Menyenangkan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email