Rabu, 19 Desember 2018

RPP Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013 Lengkap





RPP Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013 Lengkap

INFORMASI PENDIDIKAN DAN KURIKULUM 2013 | Kurikulum 2013 (K13) telah dilaksanakan pada semua kelas jenjang SD/MI dan sederajat. Guru harus mengimplementasikan program yang telah disusunnya sesuai dengan Kurikulum 2013 itu dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai pegangan dan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

RPP Kurikulum 2013 revisi berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Pada kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013, kompetensi dasar juga mengalami revisi, begitu pun buku guru dan buku siswa kelas 6 hingga pemetaan kompetensi Dasar (KD) pada pembelajaran berubah. Sehingga pembuatan RPP Kurikulum 2013 Revisi Terbaru untuk kelas 6 juga mengalami perubahan.

Dalam menyusun dan merumuskan indikator dan tujuan yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran pada RPP kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 revisi terbaru harus dilakukan secara mendetail dan terstruktur. Tujuannya agar pada saat materi atau bahan yang akan disampaikan dapat terlaksana dan dapat dipahami siswa setiap pembelajarannya.

Download RPP Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013

Sebelum melakasanakan pembelajaran, guru terlebih dahulu harus membuat RPP Tematik sebagai pedoman untuk mendukung pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar. Pada Kurikulum 2013 untuk kelas 6 SD/MI semester genap setiap tema terdiri dari 3 subtema dan setiap subtema dilaksanakan sebanyak 6 pembelajaran.

Setiap tema terdiri dari muatan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah merupakan perangkat pembelajaran yang wajib di miliki oleh setiap Guru. RPP Kurikulum 2013 kelas 6 SD/MI semester 2 lengkap semua tema berformat .doc dapat didownload melalui tautan berikut ini:
RPP mencakup: (1) identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran; (6) penilaian; dan (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok (di KKG).


RPP Kurikulum 2013 kelas 6 yang terbaru ini memunculkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Selain itu, harus juga memunculkan Literasi, keterampilan abad 21, dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS). Dibutuhkan kreatifitas guru untuk membuat RPP Tematik yang memunculkan keempat komponen tersebut sehingga menjadi RPP yang utuh dan baik.

Baca juga:
wahanainfopendidikan.blogspot.com | 18 Desember 2018 

Artikel Terkait

RPP Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013 Lengkap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email